Google
WWW ceritafetaria.blogspot.com

Senin, 10 Maret 2008

LOOKING FOR FIDEL (2004)


Membicarakan tentang Fidel Castro mungkin tidak ada habisnya, seorang Revolusioner, bapak bangsa dan sosialist sejati dimata rakyat Cuba namun dicap diktator dan anti-demokrasi dari sudut pandang AS.
Film dokumenter bertitel "LOOKING FOR FIDEL" yang disutradarai Oliver Stones mungkin bisa menjadi referensi tontonan bagi kita bagaimana sosok Fidel Castro dalam menanggapi beberapa isu dan persepsi Barat terutama AS mengenai dirinya dan kebijakan-kebijakannya bagi rakyat Cuba.
film ini menyajikan wawancara langsung dengan sang El-Commandante terhadap beragam permasalahan dan isu antara lain; pembajakan pesawat milik maskapai penerbangan komersial AS yang dulakukan oleh warga negara Cuba, demokratisasi di Cuba, senjata pemusnah massal dan masa depan Cuba.
Dalam film ini Oliver Stones berusaha se-objektif mungkin dalam menyajikan dokumenter ini, tidak hanya menyajikan pendapat langsung Castro atas beberapa permasalahan namun juga menghadirkan wawancara-wawancara para "korban" kebijakan dalam negeri Castro, bahkan terdapat bagian didalam film ini yang menghadirkan konferensi pers para pembajak pesawat yang tertangkap yang dihadiri oleh Castro dan pendapat Castro tentang tindakan mereka. Dalam film ini juga dihadirkan beberapa cuplikan dokumentasi film hitam-putih Castro semasa menjadi Grilyawan di Sierra Maestra dan pidato kemenangannya kepada publik Cuba di Havana setelah berhasil merontokkan rezim Batista.
Dalam film ini kita akan dibawa untuk mempresepsikan sendiri bagaimana tokoh Castro sebenarnya, apakah itu sepaham dengan imege yang dibentuk AS, rakyat Cuba yang pro terhadapnya atau Castro dalam sudut pandang kita sendiri, semua itu rasanya sudah dari awal di-set oleh Oliver Stone.

Verdict :
Dalam film ini sang filmmaker kurang banyak menyajikan pernyataan dari pihak yang tidak sepaham dengan Castro, namun pertanyaan-pertanyaan kritis yang disampaikan oleh pewawancara kepada Castro sudah dapat membuat takaran Objektifitas Film berimbang.(RJ)

Tidak ada komentar: